Rabu, 04 Juli 2018

RPP KIMIA K13 Kelas X Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.         Identitas
1.         Sekolah                       : SMA Muhammadiyah 
2.         Mata Pelajaran         : Kimia
3.         Kelas/Semester       : X/Ganjil
4.          Materi Pokok           : Teori Pasangan Elektron Kulit Valensi (VSEPR) dan Teori Domain elektron
5.         Alokasi Waktu           : 4 JP (2 x pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku a. jujur, b. disiplin, c. santun, d. peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), e. bertanggung jawab, f. responsif, dan g. pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional. 

3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang a. ilmu pengetahuan, b. teknologi, c. seni, d. budaya, dan e. humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 

4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: a. efektif, b. kreatif, c. produktif, d. kritis, e. mandiri, f. kolaboratif, g. komunikatif, dan h. solutif, dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompeten
KD3
KD4
3.6 Menerapkan Teori Pasangan Elektron Kulit Valensi (VSEPR) dan Teori Domain elektron dalam menentukan bentuk molekul
4.6 Membuat model bentuk molekul
dengan menggunakan bahan-bahan
yang ada di lingkungan sekitar atau
perangkat lunak komputer
IPK
IPK
3.6.1        Peserta didik dapat menentukan PEB dan PEI berdasarkan Teori Domain electron
3.6.2        Peserta didik dapat menjelaskan PEB dan PEI berdasarkan Teori Domain electron
3.6.3        Peserta didik dapat menentukan bentuk molekul berdasarkan Teori Pasangan Elektron Kulit Valensi (VSEPR) dan Teori Domain electron
3.6.4        Peserta didik dapat menjelaskan Teori Pasangan Elektron Kulit Valensi (VSEPR) dan Teori Domain electron
3.6.5        Peserta didik dapat menerapkan Teori Pasangan Elektron Kulit Valensi (VSEPR) dan Teori Domain electron

4.6.1 Peserta didik dapat membuat salah satu model molekul dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar

B.     Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran discovery learning, peserta didik  dapat mampu menerapkan dan membuat model molekul Teori Pasangan Elektron Kulit Valensi (VSEPR) dan Teori Domain elektron dalam menentukan bentuk molekul dengan mengembangkan nilai karakter berpikir kritis , kreatif (kemandirian), kerjasama (gotong royong) dan kejujuran (integritas) .

C.     Materi Pembelajaran
BENTUK MOLEKUL
Fakta:
Contoh: molekul CH4
Atom C sebagai atom pusat mempunyai 4 PEI, sehingga rumusnya AX4 dan bentuk molekulnya tetrahedral.


Konsep :
Bentuk molekul berkaitan dengan susunan ruang atom-atom dalam molekul. Berikut ini bentuk geometri dari beberapa molekul.

Teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repulsion)
Teori domain elektron merupakan penyempurnaan dari teori VSEPR.Domain elektron berarti kedudukan elektron atau daerah keberadaan elektron,dengan jumlah domain ditentukan sebagai berikut (Ralph H. Petrucci, 1985).
a. Setiap elektron ikatan (baik itu ikatan tunggal, rangkap, atau rangkap tiga) berarti 1   domain.
b. Setiap pasangan elektron bebas berarti 1 domain.

Prosedur :
Langkah-langkah meramalkan geometri molekul berdasarkan teori VSEPR:
Pasangan elektron terdiri dari:
Pasangan Elektron Ikatan (PEI)
Pasangan Elektron Bebas (PEB)
Bentuk molekul/struktur ruang dipengaruhi oleh gaya tolak menolak pasangan elektron.

Adapun urutan gaya tolak-menolak dapat digambarkan sebagai berikut:
tolakan (PEB – PEB) > tolakan (PEB – PEI) > tolakan (PEI – PEI)
Adanya gaya tolak-menolak ini menyebabkan atom-atom yang berikatan membentuk struktur ruang tertentu dari suatu molekul.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk meramalkan geometri molekul adalah:
a. Menentukan tipe molekul.
b.Menggambarkan susunan ruang domain-domain elektron di sekitar atom pusat yang memberi       tolakan minimum.
c. Menetapkan pasangan terikat dengan menuliskan lambang atom yang bersangkutan.
d. Menentukan geometri molekul setelah mempertimbangkan pengaruh pasangan elektron bebas.

Contoh :
Molekul air, H2O:
Langkah 1: Tipe molekul adalah AX2E2 (4 domain).
Langkah 2: Susunan ruang pasangan-pasangan elektron yang memberi tolakan minimum adalah tetrahedron.
Langkah 3: Menentukan pasangan terikat dengan menuliskan lambang atom yang terikat (atom H).
Langkah 4: Molekul berbentuk V (bentuk bengkok).

D.     Pendekatan/ Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan    : Saintifik
2.    Metode           : Diskusi kelompok, tanya jawab,  dan penugasan
3.    Model              : Discovery  learning
E.      Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.    Media/Alat     : Audio-Video bentuk molekul, Lembar Kerja, LCD, media belajar internatif (animasi)
2.    Bahan ajar:
·      Bahan presentasi, video mengenai PEB dan PEI
·      Modul
F.      Sumber Belajar
Unggul Sudarmo. Buku Kimia SMA kelas X. Erlangga. 2016.
Kalstum Siti, dkk. Kimia 2 Kelas XI SMA dan MA. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta 2009.
Utami Budi, dkk. Kimia untuk SMA/MA  Kelas XI Program IPA. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta 2009.
Vidio Link : https://www.youtube.com/watch?v=Sfj9SUPluDM
G.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 JP)
No
Tahap/
Sintak Model
Kegiatan
Nilai-nilai karakter
Estimasi Waktu
1
Pendahuluan
a.       Peserta didik berdoa sebelum pembelajaran dimulai, dilanjutkan mengecek kehadiran peserta didik.

b.      peserta didik melakukan literasi memulai pelajaran.
c.       Siswa memperhatikan apersepsi tentang ikatan kimia
d.      Siswa mendengarkan tujuan yang akan dicapai berkaitan dengan Teori Pasangan Elektron Kulit Valensi (VSEPR) dan Teori Domain electron dikaitkan dengan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
e.       Peserta didik mendengarkan garis besar cakupan materi Teori Pasangan Elektron Kulit Valensi (VSEPR) dan Teori Domain electron.
f.        Peserta didik mendengar penjelasan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi sifat larutan berdasarkan daya hantarnya.

Religiositas (kegiatan berdoa)
Gotong royong

2
Kegiatan Inti




a.      Stimulus
Peserta didik memperhatikan stimulus berupa tayangan video mengenai PEB dan PEI.



b.   Identifikasi Masalah
Peserta didik mengidentifikasi kejadian dalam video tersebut.
Pada kegiatan ini diharapkan   muncul pertanyaan-pertanyaan kritis dari peserta didik/guru, antara lain:
1)  Apakah itu PEB dan PEI?
2)  Mengapa berbeda jumlah PEB dan PEI?

Kemandirian (berfikir kritis dan kreatif)


c.  Pengumpulan Data
1)     Peserta didik dengan teliti mencari dan mengumpulkan data/informasi tentang PEB dan PEI melalui studi literatur;
2)     Peserta didik mengerjakan table data yang ada pada SKPD
3)     Peserta didik diminta untuk menjawb pertanyaan mengenai PEB dan PEI.

(Guru memberikan informasi kepada peserta didik bahwa waktu telah habis, kegiatan pembelajaran akan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya)

Integritas,
Gotong-royong,





3
Penutup
a.       Memfasilitasi peserta didik untuk mereview pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.      Melaksanakan penilaian untuk mengetahui ketercapaian indikator 
c.       Memberikan tugas kepada peserta didik berupa perhitungan PEB dan PEI,
d.      Berdoa bersama dan memberi salam
Kemandirian, Religiositas)


H.     Penilaian
I.      Penilaian
1.      Teknik Penilaian:
a.       Penilaian Sikap                     : Observasi/pengamatan/Jurnal
b.      Penilaian Pengetahuan       : Tes Tertulis
c.       Penilaian Keterampilan      : Produk/Portofolio
  Bentuk Penilaian:     
a.       Observasi       :          lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.      Tes tertulis     :          uraian dan lembar soal
c.       Unjuk kerja    :          lembar penilaian presentasi
d.      Portofolio       :          laporan
e.       Produk            :           model bentuk molekul
2.      Instrumen Penilaian (terlampir)
J.        Lampiran  Pendukung RPP

 1.      Bahan ajar
  1. Teori Domain Elektron
Struktur ruang suatu molekul dapat ditentukan berdasarkan adanya Pasangan Elektron Ikatan (PEI) dan Pasangan Elektron Bebas (PEB) pada kulit terluar atom pusat molekul tersebut. Oleh karena antar elektron tersebut memiliki muatan yang sejenis, maka akan terjadi gaya tolak-menolak. Pasangan elektron tersebut akan cenderung meminimumkan gaya tolak tersebut dengan cara membentuk suatu susunan tertentu  ( berupaya untuk saling menjauh ). Teori yang dipakai untuk menjelaskan struktur ruang molekul adalah Teori Tolakan Pasangan Elektron Kulit Valensi ( VSEPR = Valence Shell Electron Pair Repulsion ).
Berdasarkan jumlah PEB dan PEI, maka bentuk dasar molekul dapat dikelompokkan menjadi :
1)    Linear ( PEI + PEB = 2 )                         4) Bipiramida trigonal ( PEI + PEB = 5 )
(sudut ikatan = 1800)                                   (sudut ikatan = 1800)
                   

                                            
2)    Trigonal planar ( PEI + PEB = 3 )       5) Oktahedral ( PEI + PEB = 6 )

                                                                   
3)    Tetrahedral ( PEI + PEB = 4 )


Bentuk molekul berkaitan dengan susunan ruang atom-atom dalam molekul. Berikut ini bentuk geometri dari beberapa molekul. 

Kita dapat menentukan bentuk molekul dari hasil percobaan maupun dengan cara meramalkan bentuk molekul melalui pemahaman struktur electron dalam molekul. Pada sub bab ini, kita akan membahas cara meramalkan bentuk molekul berdasarkan teori tolak-menolak elektron-elektron pada kulit luar atom pusatnya.

2.      LKPD
LEMBARAN KERJA PESERTA DIDIK

TEORI DOMAIN ELEKTRON

Tujuan                       : menentukan bentuk molekul CaCl2 , SF4 dan SF6 , CH4                       berdasarkan teori domain elektron

Alat dan bahan : pentul dan penghapus

Langkah Kegiatan  :

1.    Tentukan konfigurasi elektron setiap atom
2.    Tentukan jumlah pasangan elektron valensi setiap atom
3.    Tentukan jumlah pasangan elektron yang berikatan
4.    Tentukan jumlah pasangan elektron bebas
5.    Buatlah bentuk molekulnya dengan penghapus dan pentul
6.    Lengkapilah tabel  di bawah 

No
Rumus Molekul
Jumlah Pasangan Elektron
Jumlah Pasangan Elektron Ikatan
Jumlah Pasangan Elektron Bebas
Bentuk Molekul
1
2
3
4

H2O
SF4
SF6
CH4





Kesimpulan              :





3.      Penilaian Pengetahuan
No
Nama
Penilaian KD 3.6
Nilai
Akhir
Tugas
UH
Produk































4. Penilaian Keterampilan
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
KD. 3.6
KELAS X IPA
No
Nama
Keterampilan yang diamati dalam membuat tugas
TW
TTW
L
TL
1





2





3





4





5






Keterangan :
            TW      : Tepat Waktu
            TTW    : Tidak Tepat Waktu
            L          : Lengkap
            TL        : Tidak Lengkap
Memenuhi semua kriteria, nilai =4, Kurang 1 kriteria, nilai = 3 dan seterusnya.

5. Instrumen

a. Soal
1.       Diketahui beberapa atom senyawa berikut 35,5Cl17, 2H1 32O16, 31P15, 14N7, 12C6, , dan 1H berikatan membentuk molekul senyawa dibawah ini.

Senyawa
PEB
PEI
1.
CH4
0
   4
2.
CCl4
0
4
3.
PCl3
1
3
4.
H2O
0
2
5.
NH3
2
2
Maka jumlah PEB dan PEI senyawa yang benar adalah…
A.      1, 2, 3            C. 2, 3, 4               E. 3, 4, 5
B.      1, 3, 5            D. 2, 3, 5

2.       Suatu molekul mempunyai 4 pasang elektron di sekitar atom pusat, 2 diantaranya merupakan PEB, maka bentuk molekul yang paling mungkin adalah ….
A.      segitiga datar
B.      segiempat planar
C.       tetrahedron
D.      bentuk T
E.       bentuk V

3.       Molekul H2O memiliki domain elektron sebanyak….
a.       1                            d.  4
b.       2                            e.  5
c.       3

  1. Jelaskan jumlah PEB dan PEI dari molekul NH3 jika diketahui nomor atom N=7 dan H=1!

  1. Lengkapi table di bawah ini dengan benar!
No
Molekul
Jumlah Pasangan Elektron di Sekitar Atom Pusat
Bentuk Molekul
Total
Terikat
Tak terikat
1
H2S




2
Cl2O




3
BF3




4
PCl3




5
SiCl4






a.      Pembahasan dan Penscoran
1.       Kunci/pedoman penskoran: A
2.       Kunci/pedoman penskoran: E
3.       Kunci/pedoman penskoran: D
4.       Pedoman penskoran:
No
Uraian Jawaban
Skor
2.2
Konfigurasi atom N: 2, 5
Konfigurasi H : 1
Atom N memerlukan 3 elektron lagi untuk membentuk 8 elektron kulit terluar, sehingga atom N akan berikatan dengan 3 atom H membentuk NH3. Jika 3 pasang electron berikatan maka akan ada 1 pasang electron bebas.
10
Total Skor
10



 5.       Pedoman penskoran:
No
Uraian Jawaban
Skor
2.
No
Molekul
Jumlah Pasangan Elektron di Sekitar Atom Pusat
Bentuk Molekul
Total
Terikat
Tak terikat
1
H2S
4
2
2
Planar V
2
Cl2O
4
2
2
Planar V
3
BF3
3
3
0
Segitiga datar
4
PCl3
4
3
1
Piramida trigonal
5
SiCl4
4
4
0
Tetrahedral
Masing-masing 2
Total Skor
10



                                                                                              Bukittinggi,
Mengetahui                                                                     Guru Pengajar
Kepala SMA Muhammadiyah         


__________________________                                                  _________________ 
                                                              


0 komentar:

Posting Komentar

Soal Sifat Koligatif Larutan (Kelas XII semester 1)

Silahkan jawab pertanyaan dibawah ini : Memuat...